Pasti berubah!!!!!

22/01/09

Tips memelihara software dengan cara mengubah ekstensi file

Bagi anda yang suka menyimpan software-software di dalam hardisk apalagi software game, jika software-software ini terkena virus atau cracknya terhapus oleh anti virus tentunya hal ini sangatlah membuat kesal. Biasanya file yang terinfeksi adalah file yang berekstensi .exe seperti setup.exe, autoplay .exe ataupun exe-exe yang lainnya. Jika file ini telah terinfeksi, otomatis anda tidak akan bisa lagi menggunakan atau menginstal soft ini. Dan jika anda melakukan scan virus dengan antivirus maka kebanyakan dari antivirus akan menghapus dan memusnahkan exe-exe ini karena talh terjangkit virus. Apalagi seperti crack.exe, file yang satu ini adalah langganan untuk dihapus oleh antivirus. (ukh…kesal banget ya!!!apalagi klo yang terhapus adalah game favorit atau software yang susah dapetinnya).
Masih untung klo anda mempunyai backupnya dalam CD atau media storage eksternal lainnya. tapi klo menyimpan software dalam CD apalagi software tersebut sering kita gunakan, hal ini tentunya sedikit merepotkan kita. Yang berarti jika kita sedang butuh dengan software tersebut, Otomatis kita harus mencari-cari dolo CDnya tempat kita menyimpan data soft tadi. (Emang lebih praktis yach klo menyimpan data software yang sering kita gunakan dalam hardisk. Tinggal klik-klak-kluk aja).
Berikut cara-cara yang sering digunakan untuk menjaga software yang tersimpan dalam hardisk agar tidak terserang oleh virus dan tidak terhapus oleh anti virus :
1. Klo anda punya banyak dana atau punya banyak waktu, anda dapat membuat salinan(backup) data software anda dalam CD.

2. Ato klo lagi kere, cukup di ekstrak ja ke dalam format RAR, ZIP, JAR atau apalagi model kompres-kompres data lainnya.
susahnya pakai cara ini bagaimana klo kita baru nginstal dan dan software aplikasi untuk mengekstrak file-file diatas blom lagi diinstal dan formatnya masih dalam bentuk ekstrak an??? Brabe juga y!!! (bagaimana mo nginstal, file softwarenya juga masih dalam bentuk ekstrak, trus siapa yang mo ngekstraknya. Otomatis harus nompang ke computer lain dong!!).

3. Ato bisa juga dijadikan dalam bentuk format image seperti NRG atau ISO. Aman dech.
Nah klo cara ini kasusnya juga sama dengan cara No. 2. Bagaimana klo kondisinya software aplikasi untuk pembaca file-file ini blom lagi kita install dan formatnya masih dalam bentuk NRG atau ISO!!!! Hancur dech..

4. Ato merubah ekstensi file exe-exe yang tadi menjadi ekstensi lain.

Saya biasanya memakai cara yang keempat. Terserah mo apa ekstensinya asal jangan exe juga. Misalnya nama saya adalah fadli,maka setup.exe direname menjadi setup.fadli.
Aneh ya!!!ekstensinya dibuatkan namasendiri agar mudah ingatnya dan mudah mencarinya..
Untuk merename (mengubah) ekstensi file tersebut anda harus membuka security dari file. Karena default pada windows, ekstensi-ekstensi file ini di hidden( disembunyikan untuk keperluan security). Caranya masih seperti yang biasa :

1. Pertama-tama kita buka dolo security dari ekstensi file. Buka windows eksplorer/ pilih menu tools/ folder options/ klik.
2. Kemudian pilih tab view
• Hidden files dan folders : radio buttonnya pada show hidden file and folders sajalah untuk kepentingan deteksi file-file virus yang dihidden

• Kemudian hilangkan tanda ceklis pada hide extensions for known file types dan hide protected operating system files (Recommended)














Sehingga hasilnya menjadi seperti ini


3. Selanjutnya anda sudah bisa merubah ekstensi file dari software-software anda. Terserahlah apa ekstensinya. Saya disini merubah ( klik kanan/rename )ekstensi setup game favoritnya














menjadi

Dengan cara ini Alhamdulillah sampai saat ini software-software saya masih awet di dalam hardisk dan klo mo pake software tadi tinggal rename (rubah) saja ekstensi filenya menjadi exe, jadi dech!!!!!!
Thanks….

2 komentar:

Nyante Aza Lae mengatakan...

pas bener lae, dq pernah suebel, gara2 pake antivirus yg berlogo payung, semuanya dibabat abis
pas di check...wuaahhh, file setup yg kebanyakan exe terbang menghilang entah kemana

trims info n sharenya..Sukses slalu!!!

nasib anak_kos mengatakan...

thanks juga...
good luck!!!